SMKN 4 Payakumbuh Mengembangkan Sistem Informasi Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan ( SIMPALA ) Tahun 2023 

Pada tahun ajaran 2023/2024 ini, SMKN 4 Payakumbuh melaksanakan Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) dengan menurunkan 201 Peserta PKL di 89 DU/DI yang tersebar di beberapa area wilayah antara lain :

NOWIlayahJumlah PesertaJumlah DU/DI
1Padang4015
2Bukittingi – PadangPanjang84
3Payakumbuh-50Kota5230
4Pekanbaru -Duri3615
5Batam3012
6DKI Jakarta125
7Bogor61
8Yogyakarta174
Pelaksanaan PKL tahun ini disertai dengan Pemanfaatan Sistem Informasi Monitoring Praktek Kerja Lapangan yang diberi nama SIMPALA yang dikembangkan sendiri oleh Tim Hubinmas SMKN 4 Payakumbuh. Di tengah perkembangan teknologi yang pesat, SMKN 4 Payakumbuh telah mengambil langkah progresif dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui pengembangan sistem informasi pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL). Dengan berbagai penguatan fitur canggih, sistem ini menjadi alat yang tak hanya memudahkan pengelolaan, tetapi juga memberikan pengalaman terbaik bagi siswa, guru, dan instansi mitra.

SMKN 4 Payakumbuh terus berkomitmen untuk menjadikan sistem informasi pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) sebagai sarana yang lebih efisien, interaktif, dan memberikan manfaat maksimal bagi siswa dan pihak terkait. Berikut adalah penguatan lebih lanjut pada fitur-fitur seperti :

  1. Halaman Login  yang diakses di url  https://pkl.smkn4pyk.sch.id 
    Fitur ini adalah halaman login untuk pengguna sistem yaitu Panitia PKL, Pembimbing Sekolah, Peserta PKL ataupun Instruktur Lapangan DU/DI. Di halaman ini penggua akan mengisi informasi login sesuai dengan kredensial yang dibagikan oleh sistem, masing-masing pengguna memiliki fitur berbeda sesuai dengan kebutuhan. Untuk mengakses login menggunakan url yang terintegrasi dengan website sekolah.
  2. Dashboard – Layanan yang menampilkan informasi singkat dan cepat
    Fitur dashboard adalah informasi singkat tentang status pelaksanaan PKL yang berisi informasi jumlah peserta, jumlah pembimbing, jumlah DU/DI dan jumlah area pelaksanaan PKL.  Serta dapat dikustomisasi dengan ingormasi singkat apa yang akan ditampilkan
  3. Integrasi API Dapodik
    Salah satu kelebihan dari sistem ini adalah adanya integrasi dengan API Dapodik dari Kemdikbud. Dimana dalam aplikasi ini sistem sudah melakukan generate data siswa dan guru yang ada di Dapodik sehingga tidak perlu lagi melakukan penginputan data manual untuk kebutuhan data siswa dan guru.
  4. Multiple akun untuk Panitia PKL, Peseta, Pembimbing Sekolah dan Instruktur DU/DI
    Untuk kelancaran penggunaan aplikasi SIMPALA ini pengguna dibagi dari beberapa hal akses seperti :
    Administrator untuk Panita PKL
    Sekretaris  untuk panitia PKL dalam hal pembuatan surat menyurat, pembuatan surat tugas, SPPD, serta pembuatan dokumen lainnya
    Siswa ,  akun ini diberikan kepada seluruh peserta PKL dimana aksesnya adalah dapat melihat informasi lokasi PKL, nama pembimbing dan yang utama adalah ada informasi untuk menbuat laporan harian ( jurnal online ) secara realtime
    Pembimbing ,  akun ini diberikan kepada guru pembimbing PKL per wilayah yang telah ditentukan oleh Panitia, hak akses untuk pembimbing adalah dapat melihat jumlah siswa PKL yang dibimbing beserta lokasi DU/DI dan alamat DU/DI. Selain itu dapat digunakan untuk melakukan monitoring pengisian jurnal harian siswa dan memberikan tanggapan dari setiap jurnal yang dibuat oleh siswa
    Instruktur / DuDi ,  akun ini diberikan kepada pembimbing lapangan dari DU/DI tempat pelaksanaan PKL dimana instruktur dapat melihat jurnal harian yang dibuat oleh peserta PKL dan dapat memberikan tanggapan dan penilaian.
  5. Mapping Lokasi DU/DI Berdasarkan Wilayah
    Pada fitur ini tergambar dengan jelas pemetaan data DU/DI yang bekerja sama dengan SMKN 4 Payakumbuh dalam pelaksanaan PKL Tahun 2023. Pemetaan ini dibuat berdasarkan wilayah dan berikut terdapat informasi detail dari DU/DI tersebut yang berisi alamat,kontak perusahaan, bidang usaha, titik koordinat lokasi DU/DI. Selanjutnya terdapat informasi yang berisi data siswa yang ditempatkan di setiap wilayah.

  6. Mapping Lokasi Du/DI Berdasarkan Geotagging dan Kordinat Maps
    Fitur ini merupakan salah satu fitur unggulan dari sistem ini dimana sebaran lokasi DU/DI digambarkan dalam peta berbasis geotagging location. Dengan fitur ini tergambar jelas sebaran lokasi DU/DI di setiap wilayah beserta alamat.
  7. Mapping Penempatan Peserta Berdasarkan Jurusan, Lokasi dan DU/DI
    Pada fitur ini terdapat informasi detail yang berisi data penemapatan siswa berdasarkan lokasi DU/DI dan alamat, terdapat fitur pencarian dimana ketika ingin mengetahui info
  8. Jurnal Harian Online
  9. Download Jurnal
  10. Halaman Tanggapan dan Komentar Pembimbing

About admin

Check Also

SMKN 4 Payakumbuh Melangkah Menuju Keunggulan dengan Visitasi dan Penilaian Akreditasi

Pada tanggal 1-2 November 2024, SMKN 4 Payakumbuh mengadakan kegiatan penting berupa visitasi akreditasi, sebagai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *